Rabu, 12 Oktober 2011

Tahap-Tahap Proyek Konstruksi


Proyek adalah suatu kegiatan yang mempunyai jangka waktu tertentu dan sumber daya yang tertentu. Konsep manajemen proyek (proyek konstruksi) pada awalnya dikembangkan dari pelaksanaan proyek oleh kontraktor. Kontraktor merencanakan (planning) waktu pelaksanaan, waktu pemesanan dan pemasukan material dan alat serta jumlah dan kualifikasi tenaga kerja, metode dan teknik pelaksanaan dan sebagainya, yang merupakan penerapan fungsi planning (perencanaan, pelaksanaan), dari sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Kemudian melaksanakan jenis-jenis pekerjaan proyek sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dengan selalu mengadakan pengarahan, monitoring, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan koreksi terhadap pelaksanaan dan hasil-hasil pelaksanaan sehingga akan diperoleh hasil yang optimal.
Pada manajemen proyek di atas, diuraikan kegiatan-kegiatan yang beraneka ragam, mulai dari perencanaan program, survey, penelitian, studi kelayakan, perencanaan dan program, pengadaan/lelang sampai pelaksanaan yang melibatkan berbagai ahli dari pihak yang lebih banyak surveyor, perencana/arsitek, ahli geologi, konstruktor, kontraktor, dan sebagainya yang merupakan suatu tim yang saling berhubungan. Kegiatan yang dilaksanakan pada proyek berupa pembangunan/perbaikan sarana fasilitas (gedung, jalan, jembatan, bendungan dan sebagainya) atau bisa huga berupa kegiatan penelitian, pengembangan.
Dari pengertian diatas, maka proyek merupakan kegiatan yang bersifat sementara (waktu terbatas) tidak berulang, tidak bersifat rutin, mempunyai waktu awal dan waktu akhir, sumber daya terbatas/tertentu dan dimaksudkan untuk pencapaian sasaran yang telah ditentukan.

1 komentar:

  1. If you're trying hard to lose fat then you absolutely have to try this totally brand new custom keto meal plan.

    To design this keto diet, certified nutritionists, fitness couches, and professional cooks have joined together to provide keto meal plans that are powerful, decent, economically-efficient, and delicious.

    From their first launch in January 2019, 1000's of clients have already transformed their figure and well-being with the benefits a good keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-proven ones provided by the keto meal plan.

    BalasHapus