Rabu, 12 Oktober 2011

Fungsi-fungsi Manajemen


Pada dasarnya manajemen berarti pencapaian tujuan organisasi melalui pelaksanaan fungsi-fungsi tertentu.
Fungsi-fungsi manajemen tersebut adalah :
1.      Perencanaan yang berfungsi menggariskan secara jelas dan tepat tujuan dari kegiatan yang dilakukan secara menyeluruh, Sebagai pedoman dan arah kegiatan sekaligus sebagai tata kerja dan koordinasinya. Perencanaan merupakan suatu alat pengendalian/mengukur hasil pelaksanaan kegiatan, sehingga perencanaan yang baik menjamin sumber-sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien.
2.      Pelaksanaan merupakan impelementasi dari keputusan yang telah ditetapkan didalam perencanaan. Di dalam fungsi pelaksanaan sudah termasuk fungsi pengorganisasian yang mencakup system-unsur seperti; Lingkup dan rincian kerja, Pembagian kerja, tugas-tugas, staffing dan koordinasinya, penentuan hubungan mekanisme
3.      Pengendalian merupakan proses yang sistematis dalam penetapan standar pelaksanaan dengan tujuan perencanaan system informasi, membandingkan pelaksanaan nyata dengan standar yang telah ditetapkan dalam perencanaan, menentukan dan mengukur penyimpangan-penyimpangannya, serta melakukan koreksi perbaikan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, sehingga tujuan tercapai secara efisien dan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar