Rabu, 12 Oktober 2011

Pengertian Manajemen Proyek


Manajemen adalah suatu metode teknik atau proses untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara sistematik dan efektif melalui tindakan-tindakan perencanaan ( planning ), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actualing), dan pengawasan ( controlling ) dengan mengelola dan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien.
Proyek adalah suatu kegiatan yang mempunyai jangka waktu tertentu dengan alokasi sumber daya yang terbatas. Pada pelaksanaan suatu proyek diperlukan  adanya pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen ( perencanaan, pelaksanaan serta pengendalian ) dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien guna memenuhi tujuan yang telah digariskan.
Pengertian manajemen secara umum adalah bagaimana menerangkan fungsi-fungsi manajemen (planning, organizing akunting, dan controlling) secara sistimatika dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang khas (organisasi, perusahaan, proyek dan lain-lain) secara optimal.
Dengan demikian pengertian manajemen proyek adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan serta pengendalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar